Tips Agar Baterai SmartPhone Anda Tahan Lama



tips, smartphone, baterai, android, foto, gambar,
Antara smartphone yang satu dengan yang lain berbeda spesifikasi tergantung besar kecilnya layar LCD smartphone maupun harga smartphone Anda. Ada yang baterei berukuran 1800 mA, 3000 mA, 3400 mA dan sebagainya. Jenis baterai paling banyak dipakai adalah jenis Lithium yang cukup terdeteksi baik pada smartphone android. Keunggulan jenis baterai ini yaitu mudah dicari, mudah diisi ulang, dan harganya sangat murah. Penulis akan coba memberikan sedikit tips agar baterai smartphone menjadi tahan lama..

1. Dipakai main game
Salahsatu penyebab baterai menjadi tidak awet yaitu sering kali smartphone dipakai untuk main game seharian. Aplikasi game sangat boros menggunakan energi baterai yang Ada. Game yang ada pada aplikasi android sekarang juga termasuk aspek video dan music yang memanjakan mata dan telinga. Ketika Anda sedang memainkan game, secara simultan, unsur video dan music ikut aktif selama permainan. Inilah penyebab energi baterai cepat habis dan boros
Solusinya :
Kurangi bermain game sesering mungkin. Jika ini terjadi terus menerus, maka semakin cepat pendek umur baterai SmartPhone Anda. Logikanya sama seperti baterai pada Laptop.

2. Instal App atau aplikasi Pendukung
Agar umur baterai menjadi tahan lama, install app atau aplikasi pendukung seperti Battery Doctor, dan Cooler Master. Battery Doctor berguna untuk melihat program-program apa saja yang bekerja saat itu. Jika ternyata ada banyak aplikasi yang bekerja, Anda bisa mematikan paksa aplikasi yang tidak Anda inginkan itu. Cooler Master juga berguna untuk mendinginkan baterai. Baterai menjadi panas disebabkan karena adanya aplikasi yang bekerja dibelakang layar. Dengan ada cooler master, maka aplikasi yang membuat panas tersebut akan dimatikan secara paksa. Anda bisa memakai aplikasi yang sejenis sesuai selera Anda. Ada banyak aplikasi yang bisa dipilih di googlestore android.
Penulis sangat terbantu dengan adanya aplikasi android seperti Battery Doctor, dan Cooler Master. Berkat kedua aplikasi itu penggunaan energi baterai menjadi efektif dan smartphone tidak cepat habis baterainya.

3. Seting Data Connection
tips, smartphone, baterai, android, foto, gambar, Bagi smartphone Android yang memiliki dual memory ada tiga pilihan setingan data connection, biasanya memory satu untuk kartu internet, memory kedua untuk sms/nelpon, dan ketiga yaitu Off (setingan ke Off ataupun setingan ke memory dua khusus sms/nelpon tidak ada bedanya, fungsinya sama saja yaitu mematikan koneksi internet, tapi masih bisa dihubungi via telpon/sms). Berdasarkan pengalaman penulis, setingan ke memory satu atau ke memory dua sangat berpengaruh, aktif tidaknya koneksi internet. Jika Anda mengaktifkan setingan ke memory dua, berarti Anda mematikan koneksi internet dan beralih menjadi smartphone untuk sms/phone saja. Mode ini biasa dipakai saat ingin mematikan koneksi internet, tapi  juga supaya berjaga-jaga jika teman kantor menghubungi via telepon atau sms Anda. Mode setingan kedua ini lebih hemat energi baterai daripada memory satu yang mengaktifkan koneksi internet. Bisa jadi saat istirahat, Teman online Anda mengirimkan pesan lewat messenger seperti BBM, line, WA, ataupun wechat.. Jika saat itu anda menggunakan setingan memory satu, maka jika ada aplikasi yang kebetulan aktif dan nyala, tentunya sedikit demi sedikit akan mengurangi energy baterai Anda. Walaupun Anda tidak sedang chat dengan teman Anda.. Hampir semua aplikasi di Android membutuhkan koneksi internet.. Dengan mematikan koneksi internet, sama juga mematikan paksa aplikasi yang menggunakan internet. Pengaruhnya tentu saja, baterai akan menjadi lebih tahan lama.

4. Smartphone Hidup, Waktu Di Cas
Ternyata setelah dilakukan penelitian di Cina, smartphone yang sering dimatikan saat dicas atau menggunakan powerbank, lebih panjang umur baterainya dibandingkan saat dalam keadaan hidup. Jika Anda tidak percaya Anda bisa googling..

5. Update Android Anda
Versi Sistem Operasi Android terbaru menawarkan perbaikan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan versi Android lama. Semoga fitur penghemat baterai juga semakin dikembangkan dan direvisi menjadi lebih baik.

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Tips Agar Baterai SmartPhone Anda Tahan Lama "

Post a Comment

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..