Anak Kos Perlu Persiapan mental sebelum Merantau?

anak kos
Artikel ini wajib diketahui dan dibaca oleh Anda yang akan merantau menuntut ilmu di kota lain. Sedikit banyak anak kos dapat diasosiasikan sebagai pemuda atau pemudi untuk tujuan bekerja atau menimba ilmu kuliah di kota lain. Pendatang atau istilahnya anak kos ini biasanya cukup mandiri dan siap mental untuk menentukan jalan hidupnya sendiri. Hal ini terbukti melalui penelitian dan pengamatan langsung kondisi dilapangan pada tempat anak kos ini. Semoga dengan bekal pengalaman dari artikel dibawah ini, dapat mempersiapkan diri bagi teman-teman sebagai bekal anak kos kelak dikemudian hari..
 
Ciri-ciri anak kos tersebut yaitu :

Suka berteman dengan siapa saja
Faktanya :  aslinya sih karena di kamar sendiri bete dan tidak punya hiburan seperti tv atau kkomputer, terpaksa dengan sedikit basa-basi ramah dengan anak kos sebelah. Supaya dapat tontonan gratis tv dan komputer tanpa mesti khawatir bayar listrik. Banyak teman banyak rezeki, kata anak kos.. Biasanya sih tipe ini tipe anak kos semester 1 dan 2 saja.. Anak kos yang Semester 3 keatas sudah jarang, biasanya sudah punya karena kredit.

Agar dapat jatah nonton tv gratis di tempat teman, biasanya anak kos selalu pintar memuji yang pemilik tv.. Pemilik tv merasa senang dan bangga, jatah nonton tv lancar.. Kalo ngak kayak gini, jatah nonton bisa terancam.. Trik lain yaitu kalo mau beli makan, sekalian dia bilang mau nitip uang ngak untuk dibeliin? J 

Galau di Akhir Bulan
Faktanya : Anak kos itu memiliki penyakit yang akan kambuh dan belum ada obatnya kalau sedang akhir bulan yaitu bokek atau kere. Kata anak kos sih, biar bisa merasakan senasib sepenanggungan, padahal lagi nunggu beasiswa dari orang tua di kampong. Hehe. Ciri tipe ini sering nunggak bayar uang kos dan emosian kalau masalah bagian bayaran listrik..

Betah di kos
Faktanya : Biaya untuk pulang mudik mahal dan jaraknya jauh, sedangkan lagi kanker yaitu kantong kering. Mau pulang, tapi takut barang-barang di kos disekolahin orang lain saat liburan kuliah atau kerja tiba.. :D.. Biasanya tipe anak kos ini hobinya tidur siang dan nonton film drama korea coy..

Persaudaraan tinggi
anak kosFaktanya : Anak kos sering main futsal bareng, dan makan bareng di tempat makan sama yang itu-itu saja sesuai dengan kantong mahasiswa dengan bayar patungan. Solidaritas tinggi juga ditunjukkan melalui saling pinjam ID Card KTM (kartu tanda mahasiswa) untuk digunakan pinjam dvd software atau game dari tempat rental.. Ciri lainnya yaitu motor anak kos dapat bebas dipinjam sesama anak kos. Alibinya kalo ingin minjam motor atau lupa isi bensin yaitu menggunakan alasan kreatif banget setiap hari. Seperti bensin masih penuh, dekat sinilah, lupa bawa duit, sebentar saja, dan sebagainya. Padahal itu motor buat ngapel ke rumah pacar dan traktir pacar makan. Busyet dah..

Biasanya masing-masing kamar anak kos punya gayung yang telah berisikan sabun, odol dan sikat gigi masing-masing. Jadi kalo lagi waktu mandi, sabun dan odol  temannya yang kebetulan tertinggal di kamar mandi digunakan oleh teman sesama anak kos. Supaya sabun guwe, lebih hemat dan irit, katanya..

Wangi Semerbak
Faktanya : Anak kos sering kali malas cuci pakaian sendiri. Sehingga keringat pun menempel pada pakaian tersebut dan lebih sering ganti tukar pakaian itu saja. Biasanya akan cuci pakaian 1 kali dalam 2 minggu, kalau cucian sudah menumpuk saja. Buktinya yaitu cium aja itu kaos kakinya, dipastikan jika ada orang lagi sadar langsung menjadi pingsan lho atau sebaliknya. Ciri lain yaitu kalo telat ngampus, biasanya jarang mandi pagi, cukup pake parfum dan basahi rambut.. Sehingga kelihatan fresh seperti telah mandi..

Telat Masuk Kuliah
anak kosFaktanya : Anak kos sering kali begadang nonton TV apalagi kalo ada acara nonton bareng sepakbola, dan main games semalam suntuk. Alibinya yaitu malamnya  lembur mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk dan akan berusaha tidak telat lagi.. Nyatanya, walaupun sedang ujian mid atau akhir semester jika malamnya ada liga champion, urusan kuliah tetap nomor dua coy.. 

Dapat terlihat pada gambar disamping, terkapar setelah berjuang matian-matian mendukung tim andalan di liga champion saat itu (2005) telah pupus sudah melalui TV.. 

Rame
Dimana ada gula, biasanya disana ada semut. Dimana ada makanan disitu ada anak-anak kos. Awalnya sih malu-malu kalo ditawarin makanan oleh temannya. Alasannya sudah kenyang.. Tapi karena disuruh temannya, akhirnya makan juga. Biasanya anak kos makannya lebih banyak daripada yang punya makanan itu sendiri.. Siap mental saja.. “Mumpung lagi ada daging, bro. Kalo gak gitu, gak dapat jatah Sob,” Kata anak kos yang kelaparan tersebut.. Sekaligus memperbaiki gizi dan kebosanan makan telur tempe doank. Mumpung ada rezeki, jarang-jarang Sob..

Saran:

1. Sebaiknya kalo memilih kamar kos menjauh dari kamar mandi. Agar terhindar dari bau wangi yang keluar dari WC. Lalu, kalo mandi biasanya kan pasti akan rutin nyetor hajat ke WC. Imbasnya lantai didepan kamar Anda akan becek dan kotor setiap aktivitas sehat keluar dari WC..


2. Pilih posisi kamar kos strategis
Posisi kamar yang terlalu menghadap ke posisi matahari terbit, justru akan mengganggu aktivitas tidur Anda.. Cari yang teduh dan strategis. Jangan pilih tempat kos yang dekat dengan parkir motor, selain gaduh dan ribut, Anda juga ingin ketenangan bukan?

3. Pilih tempat kos yang dekat dengan tempat ibadah, dan rumah makan. Semakin dekat, semakin hemat biaya.. Ada yang paling terlupakan yaitu pilih tempat kos yang berbiaya murah tapi nyaman. Ini sih guwe udah pasti paling tahu bro, guwe kan berpengalaman.. hehe

Itulah beberapa persiapan mental yang perlu dipersiapkan jika Anda kelak menjadi anak kos.. Bagi yang ingin menambahkan, silakan berkomentar dibawah ini..  Berbagilah pengalaman Anda disini, supaya masa lalu Anda tidak kelam seperti generasi sekarang.. hehe

Related Posts:

1 Response to "Anak Kos Perlu Persiapan mental sebelum Merantau?"

  1. Haa... keren tipsnya. Kayaknya pemilik blog sudah level tujuh untuk urusan dunia kos-kosan. Salam kenal gan.

    Indrastomo.blogspot.com

    BalasHapus

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..