9 Tips Memilih Les Privat Daripada Bimbel



gambar, les privat, bimbel, keuntungan, foto, tips, trik
Semoga tips memilih privat ini berguna bagi para pembaca sekalian.. Kesibukan orang tua di tempat kerja terkadang tidak sempat membagi waktu membantu anak dalam mengerjakan PR mereka. Jika hal ini terjadi terus menerus bukan tidak mungkin perkembangan tingkat kepintaran anak menjadi terganggu dan terhambat. Tidak sedikit anak yang malu bertanya baik kepada temannya di sekolah maupun bertanya langsung kepada gurunya.

Cara tersebut adalah dengan memanggil guru les ke rumah. Sepintas, terpikir bahwa mengundang biaya les privat akan membengkakkan pengeluaran. Namun bila diteliti lagi, mengundang guru privat ke rumah sebenarnya tidaklah mahal. Demikian adalah beberapa alasannya. 9 Tips Memilih Les Privat Daripada Bimbel yaitu


1. Uang saku untuk siswa tidak diperlukan
Bila orang tua memutuskan mengeleskan anak secara privat, maka uang saku tidak diperlukan untuk anak. karena, anak cukup menunggu tutor datang ke rumah tanpa harus membeli bekal atau jajanan seperti bila les di kelas konvensional. Uang transportasi umumnya sudah ditanggung oleh lembaga penyedia jasa les privat atau oleh tutor les privat.

2. Biaya operasional relatif rendah
Biaya lain yang tereduksi apabila siswa les secara privat adalah biaya transportasi. Meningkatnya harga BBM mengakibatkan kian mahalnya ongkos bepergian, seperti halnya menuju tempat les.

3. Terbayar oleh kualitas diskusi yang lebih baik
Bila dirupiahkan, boleh jadi tidak ada bedanya biaya les privat dengan non privat. Namun, les privat memberikan jaminan suasana belajar tenang dan keleluasaan berdiskusi sehingga secara akademis lebih menguntungkan siswa dibandingkan dengan les non privat.

4.    Tidak perlu mengantar anak ke lokasi les
Keterbatasan waktu orang tua untuk mengantar anak-anak ke lokasi les dapat diatasi dengan mengundang guru les privat ke rumah. Selain dari segi waktu, orang tua pun menghemat biaya transportasi dan uang saku untuk anak karena akomodasi biasanya sudah ditanggung oleh guru les. Proses belajar yang lebih fokus memberikan nilai tambah les privat di rumah.

5.    Perkembangan belajar anak lebih terpantau
Kedatangan guru les ke rumah memudahkan orang tua untuk memperoleh informasi perkembangan akademis anak. Jam les yang fleksibel bisa disesuaikan dengan keinginan orang tua agar orang tua bisa berjumpa dengan guru les privat secara rutin.

6.    Dapat mengawasi kualitas guru les privat
Memperhatikan kualitas guru les ke rumah adalah bagian penting dari investasi pendidikan untuk anak. sebab, guru merupakan orang yang langsung berinteraksi dengan siswa. Terlebih, bila belajar dilakukan secara privat dimana perhatian guru diberikan seluruhnya untuk seorang siswa saja

7.    Belajar secara privat lebih fokus
Les secara privat menjadi sarana interaksi seorang guru dan seorang siswa saja. Berbeda dengan kelas konvensional, satu guru menangani beberapa siswa sehingga fokus kelas dapat terpecah dengan mudah karena berbagai kemungkinan gangguan. Misalnya, keributan karena siswa yang mengobrol. Sementara itu, les privat menjanjikan fokus yang lebih baik dalam belajar karena perhatian tutor seluruhnya dikerahkan untuk satu siswa.

8.    Bebas berdiskusi dengan privat
Diskusi merupakan momen penting dalam belajar sebagai sarana sumbang pikiran dua arah antara guru dengan siswa. Melalui les privat, siswa dapat leluasa berdiskusi dengan guru les tanpa perlu menunggu giliran bertanya layaknya di kelas dengan banyak siswa.

9.    Fleksibilitas waktu
Pemilihan waktu belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan belajar siswa. Siswa perlu beristirahat cukup agar sesi belajar agar tidak jenuh ketika belajar, sehingga proses belajar berjalan dengan optimal. Melalui les secara privat, siswa bisa menentukan sendiri waktu belajar yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya agar materi belajar ditangkap secara baik dan hasil belajar lebih memuaskan.

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "9 Tips Memilih Les Privat Daripada Bimbel"

Posting Komentar

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..