Alat Hitung Sempoa Yang Digunakan Kursus Sempoa di Indonesia


sempoa, les privat, les sempoa, soroban, schoty, suanpan, romawi, alat hitung sempoa, sejarah sempoaSempoa Rusia (Schoty). sempoa model ini diilhami dari model sempoa yang digunakan di Rusia yang dikenal dengan nama schoty dan menjadi populer di Barat. Sempoa Rusia ini dibawa ke Perancis sekitar tahun 1820-an oleh Jean-Victor Poncelet, seorang bawahan Napoleon yang pernah menjadi tahanan perang Rusia. Alat hitung ini jarang digunakan di Indonesia

sempoa, les privat, les sempoa, soroban, schoty, suanpan, romawi, alat hitung sempoa, sejarah sempoaSempoa Romawi berawal dari penggunaan jari/tangan saat itu untuk digunakan berhitung, lalu seiring dengan perkembangan zaman, dikembangkan oleh bangsa lain menjadi alat hitung yang ada sampai sekarang seperti sempoa Jepang "Soroban", Cina sempoa "suanpan" dan lain-lain. Karena rumitnya menggunakan sempoa Romawi ini, alat hitung ini jarang dipakai.

sempoa, les privat, les sempoa, soroban, schoty, suanpan, romawi, alat hitung sempoa, sejarah sempoaSempoa Jepang (Soroban). sempoa yang lebih sedikit bijinya yaitu 1-4 (1 biji sempoa diatas dan 4 biji sempoa dibawah). Sempoa ini mulai dipakai dan di masyarakatkan di Jepang, sehingga sempoa 1-4 banyak sumber menyebutnya dengan sempoa Jepang. Sempoa inilah yang paling banyak dipakai di bimbel dan kursus sempoa di Indonesia, karena lebih mudah digunakan siapa saja.

sempoa, les privat, les sempoa, soroban, schoty, suanpan, romawi, alat hitung sempoa, sejarah sempoaSempoa jenis ini sering disebut Sempoa Cina (Suanpan). Penggunaan sempoa ini lebih sulit daripada Soroban. Oleh karena itulah, jarang yang menggunakan sempoa ini di bimbel atau kursus. sempoa dengan bentuk 2-5 (2biji sempoa atas dan 5 biji sempoa bawah). Sempoa ini dikenal dengan sempoa Cina. Popular dikalangan pedagang Tionghoa, karena kecepatannya dalam menggunakan transaksi penjualan

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Alat Hitung Sempoa Yang Digunakan Kursus Sempoa di Indonesia"

Posting Komentar

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..