Alasan Printer 3D Masih Mahal

printer 3d, harga, mahal, alasan, teknologi, printer, cnc, gambar, foto, images, Banyak orang yang sudah ingin membeli printer 3D ini, namun terkendala dengan harga. Harga Printer 3D saat ini masih cukup mahal. Karena printer 3D yaitu teknologi paling canggih dan diprediksi akan menjadi standar untuk teknologi masa depan. Banyak pakar IT yang meramalkan bahwa, harga printer 3D lambat laun akan turun, Sebab semakin banyak orang yang mengetahui manfaat dan kegunaan printer ini. Ingat dulu waktu era printer kertas 2D. Dahulu harganya selangit, sekarang bisa murah. Namun sebagian besar orang menganggap harga segitu tidak terlalu mahal, sebab harga itu relatif untuk tiap orang. Ada yang menganggap mahal, dan ada juga yang menganggap murah. Masih Mahalnya printer 3D disebabkan oleh :

1. Teknologi Prototype
printer 3d, harga, mahal, alasan, teknologi, printer, cnc, gambar, foto, images, Mesin Printer 3D ini digunakan untuk proses pembuatan model (prototype) sebelum barang tersebut diproduksi dalam jumlah besar dan banyak. Biasanya pembuatan model barang yaitu menggunakan mesin CNC. Untuk biaya pengoperasian mesin CNC ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Printer 3D ini adalah teknologi terbaru dalam dunia molding dan modelling daripada printer berkonsep computer numerical control (CNC). CNC bekerja dengan mengikis bentuk dasar untuk mendapatkan bentuk akhir. Sehingga bahan sisa hasil kikisan mesin CNC tadi, akan menjadi sampah. Sedangkan Cara kerja printer 3D adalah kebalikannya, yaitu menggunakan bahan untuk menggambar bentuk tersebut. Alhasil, printer 3D tidak menghasilkan sampah seperti hasil kikisan mesin CNC tadi.

2. Desain Khusus
Printer 3D mampu membuat desain-desain khusus yang tidak bisa dilakukan mesin CNC. Misalnya membuat bentuk bola di dalam bola. Mesin CNC tidak bisa membuat bentuk bola di dalam bola itu secara langsung, kecuali melalui proses yang rumit dan panjang. Printer 3D bisa langsung membuatnya secara langsung dengan akurat dan cepat.

3. Printer 3D Multi Fungsi
printer 3d, harga, mahal, alasan, teknologi, printer, cnc, gambar, foto, images, Saat ini printer 3d sudah ada di pasaran. Printer yang diproduksi di luar negeri tersebut dapat mencetak bentuk apa pun dalam desain 3D. Mulai gambar bangunan, patung, maket, hingga organ tubuh manusia, seperti jantung atau tulang. Alhasil karena multi fungsi 3D tersebut, banyak printer 3D di pasaran memiliki harga lebih dari Rp20 juta. Bahkan printer Afinia H-Series dibanderol dengan harga 1,599 dollar AS, lalu ada juga tipe printer 3-D system yang dipasarkan pada harga 1,299 dollar AS. Jika kurs rupiah saat ini 13.000 per dollar , tentu bisa dibayangkan, betapa mahalnya harga printer 3D tersebut. .Dengan adanya teknologi 3D printing ini menciptakan printer 3D yang bisa mencetak barang tanpa harus memesan kepabrik. Bayangkan di masa depan, setiap orang bisa membuat sendiri barang secara massal hasil kreatif mereka sendiri. Printer 3D ini bekerja dengan memakai gulungan benang plastik yang dipanaskan dengan menggunakan alat pemercik panas. Cairan plastikpun akan meleleh dan membentuk lapisan sampai terwujudnya objek yang telah didesain.

Baca juga:



Saat ini terus dilakukan pengembangan dan penelitian tentang bahan filament (bahan untuk printer 3D) yang mencapai titik didih tinggi, dengan kekuatan yang ekstrakuat. Jika hal itu sudah tercapai, maka akan banyak software 3D printing yang berguna untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari.
Tidak menutup kemungkinan, jika suatu saat nanti tidak ada lagi kegiatan impor barang antar negara. Impor barang dilakukan, karena bisa jadi barang tersebut hanya bisa dibuat dinegara lain, karena memiliki sarana prasarana lengkap. Di masa depan yang terjadi  yaitu Anda cukup transfer desain, kemudian dicetak di Negara Anda! Mungkin bukan ?

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Alasan Printer 3D Masih Mahal"

Posting Komentar

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..