12 Teknik SEO Teruji

seo
Google, sebagai search engine terbesar, perlu mendapat perhatian khusus dalam hal SEO. Google juga menyediakan sarana untuk SEO melalui layanan http://www.google.com/webmasters/tools. Melalui layanan ini, Anda dapat mengoptimalkan web Anda dalam pencarian Google. Untuk tutorial lebih lanjut, Anda bisa mencarinya di Google dengan kata kunci “google webmaster tools adalah”.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation. Promosi di search engine akan maksimal jika blog/website Anda menduduki peringkat atas pada hasil pencariannya. Apapun search engine yang diikuti memiliki harapan yang sama besar, yaitu bagaimana web/blog kita masuk dalam urutan 10 besar di search engine. Banyak teknik SEO yang bisa Anda pelajari, salah satunya dapat Anda lihat di http://www.seobook.com

Banyak sekali teknik SEO yang berkembang saat ini. Namun Content tetap menjadi rajanya. Kita juga mengenal script khusus yang dinamakan dengan tag META yang dimasukkan ke dalam web/blog Anda. Tentu ada teknik khusus yang perlu Anda lakukan. Teknik Rahasia tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Urutkan kata kunci (keyword) web Anda dari yang paling penting ke kurang penting. Jangan sering menggunakan kata-kata yang sama, biasanya antara 3-6 kali perulangan sudah cukup. Batasilah hingga maksimal 1000-an karakter karena beberapa search engine tidak akan memperhatikan karakter yang melebihi batas tersebut.

2.      Jika terjadi perulangan, gunakan variasi antara huruf besar dan kecil, misalnya: “bisnis”, “Bisnis”, “BISNIS”. Tetapi aturan umumnya, Anda harus membuat semuanya dalam huruf kecil.

3.      Alangkah lebih baiknya bila Anda menyertakan kata-kata salah yang sering diketikkan oleh orang (lakukan jika memang masih ada sisa tempat pada tag META Anda). Seperti misalnya “bisnis” dapat diketik menjadi “binis” atau “bisinis”. Dengan demikian, apabila ada orang yang tidak teliti sewaktu mengetik, situs Anda akan muncul.

4.      Gunakan tag COMMENT pada halaman pertama situs anda yang berisikan kata-kata yang sama persis dengan yang Anda gunakan pada tag META.

5.      Gunakan deskripsi yang menarik pada tag META description, seperti : lowongan, uang, free, gratis, new atau kerja.

6.      Carilah satu atau dua kata kunci yang mencerminkan situs Anda dan gunakan 5-6 kali pada halaman pertama (home) situs anda. Hal ini penting dilakukan karena beberapa search engine melihat kepadatan kata kunci. Search engine ini akan melihat 200 karakter pertama pada situs Anda dan menghitung berapa kata kunci kunci yang muncul di situ. Ada juga search engine yang mencari kata kunci pada sebagian atas, tengah dan bawah dari situs Anda. Secara umum kepadatan kata kunci Anda. Secara umum kepadatan kata kunci Anda harus berada antara 2-3%.

7.      Buatlah kata kunci yang muncul pada situs Anda dengan tag <STRONG> atau <B> atau <H1> karena ada beberapa search engine yang memperhitungkan hal tersebut.

8.      Pikirkan kata kunci kedua, misalnya jika kata kunci utama Anda adalah “bisnis”, maka dukunglah dengan kata-kata, seperti: “lowongan”, “sukses”, atau “milyuner”. Munculkan kata kunci ini beberapa kali pada halaman utama yang ada di situs Anda.

9.      Jika situs Anda memiliki berbagai macam topic, buatlah subdirektori dalam server dan letakkanlah tiap halaman situs Anda pada direktori yang berbeda-beda. Kemudian, buatlah tag META yang berbeda-beda untuk tiap halaman tersebut, sesuai dengan topic masing-masing halaman. Selanjutnya, daftarkanlah masing-masing halaman tersebut pada search engine secara terpisah.

10. Bila Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, lihatlah 10 sampai 25 situs teratas yang muncul pada sebuah search engine ketika diketikkan kata kunci yang sesuai dengan topic pada situs tersebut. Pelajari tag META, tag COMMENT, kepadatan kata kunci, dan sejenisnya. Anda juga bisa mempelajari kemiripan-kemiripan yang terdapat pada situs-situs rangking atas tersebut.

11.  Jika cara-cara di atas dilakukan dengan benar, maka sudah cukup mendongkrak posisi web Anda di search engine. Apabila masih ingin lebih maksimal, manfaatkan juga program lain, seperti Web Position yang juga digunakan untuk membantu meningkatkan posisi web Anda. Kunjungilah situs tersebut untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

12.  Sadari pula bahwa sekali Anda mendapat ranking yang tinggi, hal ini tidak akan bertahan lama. Biasanya hanya berlangsung sekitar 2 hari sampai 2 minggu. Setelah ranking situs Anda menurun, Anda harus mendaftarkannya lagi dan buatlah perubahan jika diperlukan. Jika setelah beberapa minggu ranking Anda tidak naik juga, ubahlah situs Anda, kemudian daftarkan lagi. OK! Semoga dengan kiat ini situs Anda menjadi banyak dikenal orang.

Related Posts:

1 Response to "12 Teknik SEO Teruji"

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..