Perbedaan Netbook dan Notebook Paling Mencolok

netbook dan notebookBagi yang ingin membeli komputer tentu akan binggung jika disodorkan mau beli netbook atau notebook. Hal ini sering kita dengar bukan. Artikel ini dibuat untuk memberikan secara gamblang perbedaan mengenai kedua istilah tersebut. Baca juga tips membeli notebook disini dan memilih notebook disini..


Sebenarnya perbedaan antara fisik netbook dengan notebook secara sekilas tidak terlalu berbeda jika dilihat sepintas. Baik netbook maupun notebook kerap digunakan untuk memutar video maupun koleksi mp3 Anda dan memiliki software yang sama. Masing-masing juga memiliki LCD dan terdapat keyboard yang kerap kali digunakan untuk mengetik dan bermain games. Kemudian juga memiliki ram, processor dan harddisk yang dibenamkan kedalam tipe fleksibel dan mobilitas komputer tersebut. Oleh karena itulah apa perbedaan kedua komputer tersebut yang mencolok ?


1. Ukuran dan berat
Berat notebook yaitu berat 2kg keatas.. Sedangkan netbook hanya 1 kg saja. Ukuran netbook relatif kecil daripada notebook. Oleh karena itulah netbook mudah dibawa dan dimasukkan kedalam tas.. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk dibawa kemana saja. Tipe netbook banyak disukai oleh kaum hawa (wanita) karena ukurannya lebih kecil dan lebih imut daripada notebook. Oleh karena itulah Wanita lebih menyukai membeli netbook daripada notebook.

Ukuran netbook yang kecil berakibat pada berat netbook yang ringan daripada notebook. Tentu Anda tidak ingin membeli komputer yang berat bukan..

2. Spesifikasi Hardware
Perbedaan lain yang mencolok pada netbook yaitu selain ukuran, berat dan layar LCD yaitu Drive ROM (CD atau DVD ROM) dan Proccessor. Netbook tidak memiliki Drive ROM, sedangkan notebook memiliki Drive ROM.

Drive ROM biasanya digunakan untuk membaca atau mengcopy data dari DVD atau CD yang isinya games, mp3, software maupun games ke harddisk komputer. Oleh karena itulah jika Anda hendak memasukkan data ke dalam netbook, Anda mesti menggunakan USB flash disk atau membeli drive rom eksternal tambahan. 

Selain drive rom, processor juga menjadi tolak ukur. Processor pada notebook lebih canggih daripada processor yang ada di netbook. 

3. Daya Tahan Baterei
Notebook biasanya mampu bertahan dengan baterai selama 1-3 jam saja. Sedangkan netbook mampu bertahan lama antara 3-5jam. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih sedikit daripada hardware notebook sehingga netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

4. Layar LCD
Ukuran LCD notebook yaitu Memiliki ukuran 10-17 inchi.. Sedangkan LCD netbook hanya 8-10 inchi saja. Layar LCD netbook yang kecil dan lebih mini daripada LCD notebook. Ukuran mini dan kecil ini bukan berarti akan menyulitkan Anda dalam membaca font tulisan baik itu pada waktu browsing internet maupun mengetik. Besar-kecil font bias diatur pada layar control panel font yang ada dalam OS Windows.


5. Harga
netbookKarena ukuran netbook lebih kecil dan hardwarenya sedikit daripada notebook, sehingga harga yang dikeluarkan untuk membeli komputer idaman yang memiliki spesifikasi yang sama, jauh lebih murah pada netbook daripada notebook. Jika kebutuhan Anda mendesak untuk memiliki komputer dan budget Anda terbatas, penulis menyarankan membeli netbook saja daripada notebook. 

Rata-rata harga netbook yaitu Rp 1.000.000,- s/d Rp 3.000.000,- tergantung merek dan toko komputer tempat Anda membeli.. Dari banyak merek komputer bermerek, zyrex adalah yang paling murah. Cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Sedangkan jika Anda mencari kualitas pilihlah netbook atau notebook bermerek ASUS. Karena telah terbukti handal, bergaransi, dan lebih awet daripada merek lain.. Penulis dan teman di dunia maya sudah menguji dan sampai sekarang masih setia dengan merek ASUS daripada merek A*ER.. :)

Bagi yang ingin menambahkan, silakan berkomentar.. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua..

Related Posts:

6 Responses to "Perbedaan Netbook dan Notebook Paling Mencolok"

  1. menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

    ReplyDelete
  2. Gan ini ada acer ukuran 11,6" dan tidak ada tempat cd atau dvd rw itu di sebut netbook atau notebook katanya ini pengeluaran baru

    ReplyDelete
  3. Jenis laptop yang tidak ada slot drive dvd-rom/cd-rom itu jenis netbook gan..

    ReplyDelete
  4. Saya pake acer udah dari 5 taun yg lalu, Alhamdulillah sampe skrg kinerjanya msh okk ko gan..hehehe

    ReplyDelete
  5. Iya yah, baru ngeh kalo laptop yang mana lagi?

    ReplyDelete

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..