Perjalanan Seribu Mil Dimulai dengan Langkah Kecil

Cashflow Quadrant
Seri : Finansial Learning
Sebagian besar dari kita pernah mendengar perumpamaan, “Sebuah perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah.” Saya sedikit mengubah pernyataan tersebut. Sebagai gantinya, Anda akan mengatakan, “Sebuah perjalanan seribu mil dimulai dengan langkah kecil.”

Kebanyakan dari kita terlalu banyak orang berusaha mengambil “Lompatan Besar ke Depan” bukannya mengambil langkah kecil. Kita semua pernah melihat orang yang kondisi fisiknya benar-benar tidak terjaga, yang tiba-tiba memutuskan untuk menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram dan berolahraga. Mereka
mulai  menjalani diet ketat, berlatih dipusat kebugaran selama dua jam, dan kemudian jogging sejauh 15 kilometer. Kegiatan ini mungkin berjalan selama seminggu. Berat badan mereka turun beberapa kilo, dan kemudian rasa sakit, bosan serta lapar mulai mengikis semangat dan tekat mereka. Pada minggu ketiga, kebiasaan lama mereka dalam hal makan berlebihan, tidak berolahraga, dan menonton tv kembali menguasai mereka.

Daripada Anda mengambil “Lompatan Besar ke Depan”, saya sangat menyarankan Anda mengambil langkah kecil kedepan. Keberhasilan rencana finansial jangka panjang tidak diukur dengan berapa besar langkah Anda. Keberhasilan finansial jangka panjang diukur dengan jumlah langkah yang Anda ambil, Arah yang Anda tuju, dan jumlah tahun yang Anda habiskan. Pada kenyataannya itulah formula bagi setiap keberhasilan atau kegagalan dalam upaya apa pun.

Kita semua pernah mendengar pepatah,”Roma tidak dibangun dalam satu hari.” Pepatah yang sering digunakan ketika setiap kali kita merasa kesulitan menghadapi begitu banyaknya hal yang harus dipelajari adalah “Bagaimana cara makan Gajah?” Jawabannya adalah “Sedikit demi sedikit.” Dan itulah yang saya sarankan Anda lakukan saat mengalami begitu banyaknya hal yang mungkin harus Anda pelajari.

Bersikap baiklah pada diri Anda sendiri dan sadarilah bahwa transisi ini tidak hanya melibatkan mental, proses belajar ini juga melibatkan unsur emosi. Setelah mengambil langkah kecil selama enam bulan sampai satu tahun, Anda siap untuk pepatah berikutnya, yaitu, “Kau harus berjalan sebelum bisa berlari.” Dengan kata lain, Anda mulai dengan langkah kecil, menuju berjalan, dan kemudian berlari. Itulah jalur yang saya sarankan. Kalau tidak menyukai jalur ini, maka Anda bisa melakukan apa yang dilakukan jutaan orang yang ingin menjadi kaya dengan cepat dan mudah, yaitu membeli karcis lotre atau dengan berjudi. Siapa tahu? Hari ini Anda mungkin beruntung..

Bagi yang ingin belajar games cashflow 202 dan cashflow 101 dapat menuju link disini..

Tulisan ini disarikan dari buku Cashflow Quadrant yang ditulis oleh Robert T Kiyosaki  

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Perjalanan Seribu Mil Dimulai dengan Langkah Kecil"

Posting Komentar

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..