Penawaran Kerja Sama Bisnis Untuk Mengerjakan Proyek di Upwork maupun Fiverr

Penawaran Kerja Sama Bisnis Untuk Mengerjakan Proyek di Upwork maupun Fiverr

Artikel ini saya buat agar memudahkan teman-teman memahami komisi yang akan teman-teman dapatkan jika bekerja sama dengan saya yaitu Hada Arkanda, Pemilik Channel Youtube Mas Blogger.

Seperti yang teman-teman ketahui, saya adalah seorang youtuber dan sekaligus seorang freelancer image editing di situs upwork dan fiverr. Melalui artikel ini saya ingin mengajak kerjasama teman-teman untuk membantu saya mengerjakan proyek yang ada  di situs upwork atau fiverr.

Untuk menangani proyek yang saya dapatkan baik dari upwork maupun fiverr, proyek yang bisa saya tangani pasti akan saya ambil. 

Sedangkan proyek yang tidak bisa handle akan saya kasih secara cuma-cuma dengan teman-teman yang sudah mengikuti kursus upwork dan fiverr.

Proyek kerjasama ini saya hanya peruntukkan untuk yang sudah mengikuti kursus upwork dan fiverr saja. Hampir setiap minggu saya mendapatkan proyek dari client saya yang lama yaitu baik dari upwork maupun fiverr.

Biasanya kalau tidak terlalu sibuk, pasti akan saya kerjakan sendiri yaitu baik proyek penerjemahan dari English ke bahasa indonesia, penulisan artikel bahasa Indonesia, edit photo menggunakan software photoshop, edit video untuk youtube ataupun data entry.

Tapi pada saat lagi sibuk dan tidak bisa saya handle, saya akan ajak freelancer lain untuk bekerja sama menyelesaikan proyek ini.

 

Berikut Narasi Pembagian Komisi Proyek Yang Diterima:

Misalnya Saya mendapatkan proyek $100 dollar, maka dari $100 ini, kita hanya akan menerima bersih 80% saja, alias $80 saja. Terus 20% kemana? 20% nya adalah potongan yang dilakukan oleh upwork ataupun fiverr.

Nah dari Sisa $80 itu akan dibagi dua. Dimana pemilik proyek alias saya sendiri akan mendapatkan  $40 dan teman-teman yang mendapatkan proyek akan mendapatkan $40 atau 50:50.

Dimana nanti, jika freelancernya sudah saya rekrut harus totalitas mengerjakan proyek ini sampai selesai. Misal proyek client 20 artikel atau proyek untuk 3 desain atau proyek penerjemahan mesti dikerjakan sendiri oleh freelancer yang akan saya rekrut.

Perihal pembayaran, akan saya bayarkan setelah, client puas dan sudah release dananya baik proyek di upwork ataupun fiverr. Misalnya jika mesti buat 20 artikel, dimana tiap hari mesti menyetor 2 artikel setiap hari.

Maka freelancer yang saya rekrut mesti mengerjakan proyek itu setiap hari minimal 2 artikel. Jadi nanti jika sudah ke hari 10, dan client saya di upwork maupun fiverr sudah puas, barulah nanti pembayarannya bisa saya transfer ke rekening teman-teman.

Kasus lain, jika $1000 berarti, bersihnya hanya $800. Dimana $400 milik freelancer yang saya rekrut, dan sisanya $400 pemilik proyek.

 

Syarat Agar Bisa Direkrut:

-Minimal sudah pernah mengerjakan proyek sejenis. Misal jika ada proyek menulis, tentu saya akan lebih memilih freelancer yang sering membuat artikel di website atau blog.

-Khusus untuk proyek NDA “Non Disclosure Agreement”, hasil pekerjaan proyek ini tidak boleh dipublish di blog, website, facebook, youtube ataupun platform social media lainnya. Karena ini harus dijaga kerahasiaannya dan tidak boleh dipublish atau dijadikan portfolio baik di upwork, fiverr, instagram ataupun yang lainnya. Jika kami mengetahui teman-teman melakukan tersebut, maka otomatis kami akan memutuskan kontrak kerja. Hasil kerjaan murni milik client saja…

-Siap revisi sampai client puas

-Hasil karya milik sendiri, bukan copy paste dari google. Misalnya proyek menulis artikel bahasa Indonesia harus original, tidak boleh copy paste dari google. Karena kita ada software untuk mengecek, apakah artikel tersebut unik/original ataukah plagiat dari website/blog lain.

-Mengerjakannya tepat waktu. Jika diminta minimal 2 artikel setiap hari, berarti harus menyetor artikel minimal 2 setiap harinya.

-Untuk proyek penerjemahan, disarankan untuk manual, bukan menggunakan software google translate. Boleh saja menggunakan google translate untuk referensi, tapi tetap harus dikerjakan manual. Untuk proyek ini saya tentu akan mencari yang sudah berpengalaman saja.

-Mudah dihubungi kapanpun dan responsive. Ada client yang ketika minta revisi, dia mintanya untuk segera direvisi hasil kerjaannya. Nah kalau sudah begini, teman-teman mesti mudah dihubungi kapanpun baik siang, malam atau pagi. Jika kurang responsive, saya anggap freelancernya tidak serius bekerja sama.

 

Perihal Pembayaran:

Khusus untuk pembayaran yang berlaku adalah rate yang ada di upwork maupun di fiverr. Sebaiknya teman-teman memiliki akun paypal. Sehingga memudahkan saya untuk mentransfer uang dollarnya langsung ke paypal.

Karena kurs rate itu berubah-ubah dan tidak sama dengan rate yang ada di Bank Indonesia. Untuk itulah saya menyarankan untuk membuat paypal.

Saya pernah tes, ketika mencairkan uang langsung dari upwork ke bank lokal, rate di bank Indonesia $1 ya adalah Rp. 13.500,-. Ternyata setelah saya cek di upwork, ratenya hanya  Rp 12.900,-. Jadi sangat berbeda ratenya.

Oleh karena itulah saya menyarankan buat teman-teman untuk membuat paypal. Jadi misalnya teman-teman dapat $40, maka yang saya transfer juga $40. Tanpa ada potongan sama sekali.

Jika ada pertanyaan, bisa langsung contact saya di group khusus les privat upwork dan fiverr via WA

 

 

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Penawaran Kerja Sama Bisnis Untuk Mengerjakan Proyek di Upwork maupun Fiverr"

Post a Comment

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..